Bisnis yang baik dan sehat

Membangun suatu usaha tidak hanya di dominasi oleh orang-orang tertentu.
Siapapun mempunyai kesempatan dan bisa membangun atau memulai usaha.

Konsep / rancangan sangat penting dalam memulai usaha. Salah satunya adalah menentukan harga jual kepada konsumen. Dengan semakin banyaknya persaingan usaha dan tentunya dengan produk-produk pada umumnya tentu akan mempengaruhi nilai jual suatu barang.

Bagaimana jika menjual barang yang kita tahu barang tersebut sama dan banyak beredar di pasaran akan tetapi kadang cara yang di gunakan untuk menarik minat konsumen tanpa disadari mungkin di satu sisi menguntungkan bagi para konsumen namun di sisi lain “merugikan” para pelaku usaha.

Saya kadang bertanya ” apakah ada patokan harga jual yang harus di ikuti jika barang yang kita jual tersebut banyak dijual juga oleh para pelaku usaha lain?”

Tentunya kita mau jika dagangan yang kita tawarkan dibeli oleh konsumen dan usaha kita tetap berjalan. Dengan kata murah kita dapat mengambil hati para konsumen untuk mau dan kembali membeli produk tersebut dari kita.

Wah, bagaimana rasanya jika kita ada diposisi sebagai penjual juga. Kita menjual barang yang sama, kualitas hampir sama, dan mungkin tidak ada perbedaan barang pihak lain dengan barang yang kita jual tapi kita mematikan harga pihak lain yang pada akhirnya kita juga bisa mematikan usaha mereka. Karena kita tidak bisa bersaing dalam harga.

Misal :
kita menjual sapu lidi, kita dapat bahan baku sapu lidi dengan model, kualitas yang sama dengan pedagang yang lain tapi kita dapat bahan baku tersebut langsung dari pengrajin atau pabrik. Lalu kita jual sapu lidi tersebut dengan harga yang tentunya dibawah harga jual pasaran.

Usaha dibangun bukan untuk hasil sesaat, usaha dibangun bukan untuk saling mematikan, usaha dibangun bukan untuk ajang persaingan tidak sehat. Semua kembali kepada diri masing-masing, apakah pantas jika kita berbisnis tanpa kita mempertimbangkan baik buruknya untuk sesama para pelaku usaha.

Semoga sebagai pelaku bisnis / pedagang dapat melihat bahwa dengan berjalan bersama, tentu satu kebaikan sudah kita lakukan. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s